.
Diberdayakan oleh Blogger.

Resiko Serius Jika Kita Sering Duduk Terlalu Lama (Bisa Menyebabkan Kematian)

Kupas Tuntas - Anda termasuk orang yang sering duduk terlalu lama? Berhati-hatilah karena itu sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Menurut Dr James Levine, seorang dokter Mayo Clinic di Rochester menyebutkan bahwa "sitting disease" atau penyakit yang ditimbulkan akibat duduk terlalu lama sama seperti penyakit yang ditimbulkan akibat efek samping dari merokok.

Nah, untuk anda yang kerjanya selalu duduk (seperti programmer, blogger, ataupun kegiatan yang berkaitan dengan duduk terlalu lama) segera berhati-hatilah. Tidak mungkin kan ngeblog ataupun mendesain website sambil berdiri?

Negatifnya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan - [www.zootodays.blogspot.com]
 
"Para peneliti telah menghubungkan duduk dalam jangka waktu yang lama dengan sejumlah masalah kesehatan dan kematian dini akibat penyakit jantung," tulis Dr James Levine dalam situs Mayo Clinic.


Menurut Dr Levine, dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang menghabiskan lebih dari empat jam sehari duduk di depan televisi memiliki 80 persen peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung, dibandingkan dengan orang dewasa yang menghabiskan kurang dari dua jam duduk di depan televisi.


Resiko ini terlepas dari faktor risiko lain seperti merokok dan diet yang tak sehat, lanjut Dr Levine.
Dalam studi lain, akibat duduk terlalu lama juga terkait dengan risiko kanker. Total kanker yang terkait dengan terlalu lama duduk sebanyak 173.000 kasus kanker terdiri dari 49.000 kasus kanker payudara, 43.000 kasus kanker usus, 37.200 kasus kanker paru-paru, 30.600 kasus kanker prostat, 12.000 kasus kanker endometrium dan 1.800 kasus kanker ovarium.

Penelitian lainnya juga  menunjukkan bahwa perempuan yang duduk sampai 7 jam sehari
berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe dua. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk dalam seminggu, maka cenderung menunjukkan tanda-tanda penyakit lebih awal. Solusinya bukan menambah waktu buat nge-gym, yang sepertinya  tidak akan mengimbangi risiko tersebut. Tapi sebaliknya, solusinya adalah kurangi waktu duduk dan bergeraklah lebih banyak, tegas Dr Levine.

Cukup dengan berdiri saja, Anda sudah akan membakar tiga kali kalor lebih banyak daripada  hanya duduk. Kontraksi otot termasuk yang diperlukan untuk berdiri tampaknya juga memicu proses penting yang berkaitan dengan pemecahan lemak dan gula.
Ingin mendapatkan informasi-informasi unik serta update artikel dari kami secara berkala? Follow twitter resmi blog ini di @kupastuntasCOM dan join bersama kami di facebook Kupas Tuntas Official Fanspage Terima Kasih.
Ditulis oleh: Muhammad Irfan - Rabu, 05 Desember 2012

Artikel Menarik Lainnya:

  1. ngeri banget kalau gitu gan , saya juga tiap hari duduk , tapi meskipun kerja di depan komputer asalkan minum air yang cukup ..

    BalasHapus