.
Diberdayakan oleh Blogger.

Inilah Fungsi / Manfaat Menangis Untuk Kesehatan

Kupas Tuntas - Menangis adalah salah satu hal yang pasti pernah terjadi pada diri setiap manusia. Ada yang bilang kalau menangis itu adalah ciri / tanda cengeng, lemah, dan tak berdaya. Memang benar adanya, namun perlu diketahui bahwa tidak semua tangis adalah lambang kecengengan ya?

Lalu, adakah manfaat yang ditimbulkan ketika kita menangis? Ada, salah satunya adalah membantu fungsi penglihatan pada mata. Seperti apa fungsi atau manfaat menangis untuk kesehatan? Berikut adalah ulasan lengkapnya hanya untuk anda sobat Kupas Tuntas Blog's.

Manfaat menangis - [www.zootodays.blogspot.com]

1. Menyingkirkan Racun
Ahli biokimia bernama William Frey telah meneliti air mata dan menemukan bahwa air mata yang terbentuk ketika mengalami kesedihan lebih beracun dari air mata yang terkena debu atau iritasi. Ternyata, air mata tersebut mengeluarkan racun dari tubuh yang terbentuk karena stres.

2. Membantu Melihat
Fungsi dasar air mata adalah memungkinkan manusia untuk melihat. Air mata tidak hanya melumasi bola mata dan kelopak mata, tapi juga mencegahnya agar tidak kekeringan. Jika tidak dilumasi dengan baik, maka mata tidak dapat melihat.

3. Meningkatkan Suasana Hati

Terlalu banyak kadar zat mangan (Mn) dapat menyebabkan hal-hal buruk seperti: kecemasan, kegelisahan, lekas marah, kelelahan, agresi, gangguan emosional, dan seluruh perasaan negatif lainnya. Menangis menurunkan kadar mangan seseorang. Air mata yang keluar ketika sedih mengandung konsentrasi protein 24 % lebih tinggi dan dapat mengangkut molekul mangan yang beracun.

4. Membunuh Bakteri

Air mata sebeanranya adalah zat antibakteri dan antivirus yang bekerja melawan semua kuman dari tempat-tempat yang dikunjungi. Air mata mengandung lisozim, cairan anti kuman yang dapat membunuh 90 - 95 % bakteri hanya dalam 5-10 menit.

5. Menarik Simpati dan Mendekatkan Diri dengan Orang Lain

Air mata secara dramatis dapat mengubah pendangan seseorang dan menyatukan orang dengan cara yang tulus. Air mata dapat memecah dinding emosional dan hambatan mental dalam diri sendiri terhadap orang lain.

6. Menurunkan Stres

Air mata memiliki fungsi seperti keringat dalam berolahraga, maka menangis baik untuk meredakan stres. Air mata mengurangi beberapa bahan kimia yang muncul dalam tubuh karena stres seperti endorfin, leusin-enkaphalin, dan prolaktin. Tapi di satu sisi, air mata juga dapat meningkatkan tingkat stres dan memperparah penyakit yang diakibatkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan maag.
Ingin mendapatkan informasi-informasi unik serta update artikel dari kami secara berkala? Follow twitter resmi blog ini di @kupastuntasCOM dan join bersama kami di facebook Kupas Tuntas Official Fanspage Terima Kasih.
Ditulis oleh: Muhammad Irfan - Minggu, 09 Desember 2012

Artikel Menarik Lainnya:

  1. menurut gw pribadi sich ya... 5. Menarik Simpati dan Mendekatkan Diri dengan Orang Lain


    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, kalau itu mah gak ada manfaatnya untuk kesehatan..

      Hapus
  2. maaf nih gan saya mau tanya meski pertanyaan saya gak nyambung di artikel mohon di jawab ya hehehe

    gan gimana cara mengubah logo bisa menjadi kupas tuntas seperti agan (template sama, tapi ane dah turutin semua agar merubah logo blog di massugeng.com tapi gagal) gan satu lagi gan hehehe cara pasang gambar di sebelah logo blog gan gimana (iklan)

    makasih, mohon pencerahannya gan..

    BalasHapus