.
Diberdayakan oleh Blogger.

Tentang Air Lengkap (Tugas Sekolah Mimin)


Kupas Tuntas - Anda tahu & kenal dengan air? pasti tahu donk. Sebenarnya yang dimaksud dengan air itu apa sih? Air adalah senyawa gabungan antara dua atom hidrogen dan satu atom oksigen menjadi H2O.


SIKLUS AIR
Siklus air atau siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi.
Pemanasan air laut oleh sinar matahari merupakan kunci proses siklus hidrologi tersebut dapat berjalan secara terus menerus. Air berevaporasi, kemudian jatuh sebagai presipitasi dalam bentuk hujan, salju, hujan batu, hujan es dan salju (sleet), hujan gerimis atau kabut.
Pada perjalanan menuju bumi beberapa presipitasi dapat berevaporasi kembali ke atas atau langsung jatuh yang kemudian diintersepsi oleh tanaman sebelum mencapai tanah. Setelah mencapai tanah, siklus hidrologi terus bergerak secara kontinu dalam tiga cara yang berbeda:
  • Evaporasi / transpirasi - Air yang ada di laut, di daratan, di sungai, di tanaman, dsb. kemudian akan menguap ke angkasa (atmosfer) dan kemudian akan menjadi awan. Pada keadaan jenuh uap air (awan) itu akan menjadi bintik-bintik air yang selanjutnya akan turun (precipitation) dalam bentuk hujan, salju, es.
  • Infiltrasi / Perkolasi ke dalam tanah - Air bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah dan batuan menuju muka air tanah. Air dapat bergerak akibat aksi kapiler atau air dapat bergerak secara vertikal atau horizontal dibawah permukaan tanah hingga air tersebut memasuki kembali sistem air permukaan.
  • Air Permukaan - Air bergerak di atas permukaan tanah dekat dengan aliran utama dan danau; makin landai lahan dan makin sedikit pori-pori tanah, maka aliran permukaan semakin besar. Aliran permukaan tanah dapat dilihat biasanya pada daerah urban. Sungai-sungai bergabung satu sama lain dan membentuk sungai utama yang membawa seluruh air permukaan disekitar daerah aliran sungai menuju laut.
Air permukaan, baik yang mengalir maupun yang tergenang (danau, waduk, rawa), dan sebagian air bawah permukaan akan terkumpul dan mengalir membentuk sungai dan berakhir ke laut. Proses perjalanan air di daratan itu terjadi dalam komponen-komponen siklus hidrologi yang membentuk sistem Daerah Aliran Sungai (DAS).Jumlah air di bumi secara keseluruhan relatif tetap, yang berubah adalah wujud dan tempatnya.Tempat terbesar tejadi di laut.

MANFAAT AIR

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa air memiliki peran penting bagi tubuh manusia, apa jadinya kita bila hidup tanpa air ? tentu kita sudah tidak akan hidup didunia ini. Betul bukan ? Maka dari itu kita harus sering sering mengkonsumsi air untuk tubuh kita.

Ingin tahu apa saja manfaat air bagi tubuh dan kesehatan kita ? mari simak berikut ini :

Pengganti Ion Tubuh
Salah satu manfaat air bagi tubuh kita adalah sebagai pengganti ion tubuh, tentu donk karna setelah seharian kita menjalani berbagai aktivitas yang melelahkan tentu banyak energi yang hilang dalam tubuh kita. Maka dari itu air sangat dibutuhkan sebagai pelepas dahaga yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Menjaga Keseimbangan Tubuh
Faktanya bahwa tubuh kita sekitar 60 % nya terdiri dari cairan. Cairan dalam tubuh ini memiliki fungi masing masing diantaranya dalah sebagai proses pencernaan, penyerapan sari makanan, dan masih banyak lagi. Untuk itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air, karna bisa Anda bayangkan sendiri apa yang akan terjadi bila sampai kekurangan asupan air dalam tubuh kita.

Memelihara kesehatan Ginjal
Fakta lainnya adalah sebagai memelihara kesehatan ginjal, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa cairan dalam tubuh memiliki fungsinya masing masing salah satunya adalah sebagai alat transportasi sisa limbah atau kotoran dalam tubuh yang nantinya akan dibuang dalam bentuk urin.

Merawat Kulit
Tahukah Anda bahwa air memiliki peran sebagai merawat kulit kita ? yaa, dengan mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas setiap harinya berarti Anda telah merawat kulit Anda menjadi lebih lembut dan halus. Ini merupakan cara alami dalam merawat kulit.

CIRI-CIRI AIR YANG BERSIH DAN SEHAT
Air yang tercemar dan mengandung mineral tinggi akan mengganggu kesehatan tubuh kita, dan di bawah ini ada beberapa ciri-ciri air bersih dan sehat yang aman dikonsumsi, yaitu adalah sbb :

~ Air harus jernih atau tidak keruh. Kekeruhan dapat disebabkan karena butir-butir pasir  yang terkandung, semakin banyak butir-butir pasir makan semakin keruh air tersebut.
~ Air tidak berwarna, dengan kata lain air yang tidak berwarna maka tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.
~ Rasanya tawar dan tidak berbau. Apabila air rasanya asin atau asam maka air itu kualitas rendah. Air yang berbau maka di dalam air itu terjadi pelapukan atau mikroorganisme.
~ Kesadahannya rendah.
~Derajat keasaman (pH) nya netral sekitar 6,5 – 8,5 dan tidak mengandung zat kimia beracun.
~ Tidak boleh mengandung bakteri pantogen seperti Escheria coli atau sering dikenal E coli. Bakteri ini sering menyerang alat pencernaan manusia.

JENIS-JENIS AIR
Air merupakan sumber kehidupan yang tidak dapat tergantikan oleh apa pun juga. Tanpa air manusia, hewan dan tanaman tidak akan dapat hidup. Air di bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu :
1. Air Tanah
Air tanah adalah air yang berada di bawar permukaan tanah. Air tanah dapat kita bagi lagi menjadi dua, yakni air tanah preatis dan air tanah artesis.
a. Air Tanah Preatis
Air tanah preatis adalah air tanah yang letaknya tidak jauh dari permukaan tanah serta berada di atas lapisan kedap air / impermeable.
b. Air Tanah Artesis
Air tanah artesis letaknya sangat jauh di dalam tanah serta berada di antara dua lapisan kedap air.
2. Air Permukaan
Air pemukaan adalah air yang berada di permukaan tanah dan dapat dengan mudah dilihat oleh mata kita. Contoh air permukaan seperti laut, sungai, danau, kali, rawa, empang, dan lain sebagainya. Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
a. Perairan Darat
Perairan darat adalah air permukaan yang berada di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa, danau, sungai, dan lain sebagainya.
b. Perairan Laut
Perairan laut adalah air permukaan yang berada di lautan luas. Contohnya seperti air laut yang berada di laut.

KEGUNAAN AIR BAGI TUBUH MANUSIA
1. Melumasi makanan di mulut agar mudah ditelan.
2. Melapisi dinding usus agar makanan bisa didorong oleh usus dengan gaya peristaltik.
3. Terlibat dalam proses pencernaan secara kimiawi.
4. Melarutkan senyawa nutrisi untuk didistribusikan ke setiap sel yang membutuhkan.
5. Penyusun tubuh, yaitu 70% dari tubuh manusia adalah air.
6. Menjaga tekanan osmotik sel. Tekanan yang terlalu tinggi menyebabkan denyut nadi meningkat dan sakit kepala. Tekanan yang terlalu rendah menyebabkan otot Anda melemah, seperti saat Anda mengalami dehidrasi.
7. Pemeran utama dalam proses metabolisme di dalam maupun luar sel.
8. Melarutkan zat buangan, membawanya ke aliran darah, lalu membuangnya melalui ginjal, kulit, dan paru-paru.
9. Sebagai media pergerakan sel darah putih, sel tubuh yang bertugas menumpas segala macam bibit penyakit.
10. Menjaga kekentalan cairan darah merah, mempertahankannya pada tekanan normal.
11. Menjaga suhu tubuh. Ketika tubuh Anda kepanasan, keringat segera membasahi kulit. Suhu tubuh kembali normal.

SIFAT AIR
Air sering disebut sebagai sumber kehidupan.  Sebuah ungkapan yang tidak berlebihan, karena kita ketahui bahwa semua makhluk hidup memiliki ketergantungan terhadap air. Sebenarnya, apa yang membuat air begitu spesial? Berikut beberapa sifat air yang penting bagi kehidupan.

Air mempunyai tiga fase: cair, gas, dan padatan. Dapat dengan mudah berubah fase dalam dalam rentang temperature yang ada di permukaan bumi. Siklus air global didasarkan pada tiga fase air tersebut. Air dalam fasa padat (es) lebih ringan dibandingkan fasa cairnya. Ini merupakan anomali; secara umum, senyawa lain dalam fasa padatnya memiliki berat jenis yang lebih besar ketimbang fasa cairnya sehingga akan tenggelam. Implikasinya: Jika es lebih berat dari air, maka kita hanya memiliki sedikiit air laut!

Air di daerah kutub membeku musiman, tetapi lapisan es akan meleleh selama musim panas, atau bergeser ke daerah yang lebih hangat dan meleleh di sana. Jika es lebih berat dari air, ia akan tenggelam ke bawah laut dan terisolasi dari panas sinar matahari. Dengan demikian, sebagian besar lautan akan terdiri dari lapisan es di bawah, hanya beberapa meter dari permukaan saja yang merupakan lapisan air saat musim panas. Selanjutnya hal ini akan akan sangat membatasi penguapan dan pembentukan awan, yang merupakan sumber air tawar di daratan.

Air dapat melarutkan garam dan gas tetapi dapat dengan mudah terpisah sebagai uap murni. Sinar matahari menguapkan air dari laut, tetapi garam tetap berada di laut. Hasilnya: uap air (awan) digerakkan angin menuju daratan, lalu mengembun menjadi hujan, yang merupakan sumber air tawar di daratan, lalu kembali lagi ke laut.

Air mudah melarutkan CO2 dan menjadi larutan asam yang efektif. Selain atmosfer, sumber CO2 juga terdapat pada zona akar dalam tanah. Semua batuan akan mengalami interaksi dengan air yang asam ini dan akan tererosi dan diangkut menuju laut.

Air yang mempunyai viskositas yang rendah dan tidak lengket. Akibatnya: (1) Dapat mengalir sebagai air permukaan air secara efisien. (2) Dapat menembus (infiltrasi) ke dalam tanah. (3) Mengalir melalui batuan permeabel. Air memiliki berat cukup untuk dapat dipindahkan oleh gaya gravitasi. Akibatnya: memungkinkan adanya aliran airtanah dan runoff air permukaan.

Air memiliki berat jenis yang tepat. Hasilnya: uap air tidak keluar dari Bumi. Air dan uap air tembus pandang. Akibatnya: sinar matahari dapat masuk melalui udara dan melalui puluhan meter kedalaman laut dan danau, sebagai energi persyaratan kehidupan. Air termasuk gas rumah kaca. Akibatnya: air memelihara keseimbangan temperatur di Bumi.

CONTOH PENCEMARAN AIR
Pencemaran air adalah fenomena yang saat ini mengancam kelestarian lingkungan dimana kita tinggal. Contoh pencemaran air sangat banyak, yang paling berbahaya adalah pencemaran air karena pembuangan limbah industri atau pengolahan bahan buangan yang kurang maksimal sehingga materi tersebut dapat mencemari lingkungan khususnya air.

Contoh limbah industri bisa berupa zat cair maupun bahan padat yang dibuang sembarangan sehingga akan mengakibatkan air terkontaminasi oleh bahan kimia didalamnya. Komponen pencemar yang paling sering ditemukan seperti bahan buangan berupa cairan berminyak, limbah sabun, limbah organik maupun non organik, bahan insektisida, dan juga zat radioaktif.

Contoh pencemaran air dapat kita lihat pada air danau atau sumber air yang terkontaminasi oleh zat limbah berbahaya sehingga mengakibatkan ekosistem didalam air menjadi terganggu. Dampak pencemaran air yang paling terasa adalah pada ketidak-seimbangan ekosistem dilingkungan yang tercemar, kualitas air menjadi menurun, serta dampak terhadap kesehatan lingkungan.

Untuk mencegah pencemaran air semakin meluas, maka perlu adanya penanggulangan terhadap pencemaran air. Penanggulangan tersebut dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu penanggulangan teknis dan penanggulangan non teknis.

Penanggulangan teknis meliputi tindakan dari perusahaan yang memproses limbah bahan pencemar, misalnya dengan melakukan pengolahan terhadap limbah, mengubah proses industri sehingga dampak dari limbah dapat berkurang, serta menambah peralatan untuk mengurangi bahan pencemar.

Sedangkan penanggulangan non teknis adalah dengan memberlakukan sistem perundang-undangan yang dapat mengatur serta mencegah pencemaran air meluas dan mengawasi segala proses industri pengeluar bahan limbah.

CUKUP SEKIAN DAN WASALLAM
Ingin mendapatkan informasi-informasi unik serta update artikel dari kami secara berkala? Follow twitter resmi blog ini di @kupastuntasCOM dan join bersama kami di facebook Kupas Tuntas Official Fanspage Terima Kasih.
Ditulis oleh: Muhammad Irfan - Selasa, 27 November 2012

Artikel Menarik Lainnya: