.
Diberdayakan oleh Blogger.

Bisnis Online

Kupas Tuntas - Bisnis Online, ketika kita mendengar kata tersebut mungkin yang akan muncul di pikiran kita adalah sebuah bisnis yang dilakukan secara online, betul? Memang benar adanya bahwa bisnis online adalah Bisnis yang dijalankan melalui Internet (secara online). Siapapun bisa menjalankan bisnis online ini.

Cara alternatif bagi siapapun yang tetap ingin melakukan usaha bisnisnya yaitu dengan berbisnis secara online. Banyak alasan kenapa orang lebih memilih bisnis online ketimbang offline. Karena bisnis online tidak terlalu ribet atau menyusahkan, kita hanya membutuhkan komputer dan koneksi internet sebagai perantaranya.

Namun terlepas dari itu semua, memang tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis online mempunyai kekurangan dan kelebihan. Seperti apakah keuntungan dan kelebihan bisnis online ini? Berikut adalah ulasannya.

Keuntungan bisnis online:
1. Biaya Murah dan Terjangkau
Biaya pemasaran dari produk yang kita tawarkan jadi lebih terjangkau. Karena kita tidak harus mencetak brosur, karena semuanya sudah bisa ditampilkan di situs (website). Kedua, biaya pembuatan situs, pemeliharaan, dan perpanjangannya juga amat terjangkau, sehingga bisa dilakukan semua orang.

2. Tak perlu gudang / tempat yang luas untuk menyimpan stok barang
Pebisnis tak perlu tempat alias gudang besar untuk stok barang atau dagangannya, sehingga bisa menghemat biaya gudang atau sewa tempat. Salah satu contoh pebisnis lewat internet adalah DELL Computer di Amerika Serikat, yang menjual komputer melalui internet.

3. Jangkauan yang luas
Internet itu bisa diakses oleh siapapun yang ada di dunia ini tanpa batas. Sehingga produk anda tidak hanya bisa dijual di Indonesia saja, tapi juga bisa anda tawarkan kepada orang yang ada di negeri lain.

4. Tak perlu toko
Dengan berbisnis via internet, Anda tak memerlukan toko untuk memajang barang dagangan yang ditawarkan. Sehingga bisa menghemat biaya operasional, yaitu biaya sewa dan biaya lain seperti listrik, air, dan lainnya, termasuk pramuniaga (penjaga toko).

Kerugan berbisnis secara online:
1. Resistensi membeli secara online
Bagi orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online, akan merasa janggal ketika harus bertransaksi tanpa bertatap muka atau melihat penjualnya. Belum lagi ketakutan bila pembayaran tak terkirim atau tak diterima.

2. Sistem pembayaran
Salah satu penyebab resistensi membeli atau berbelanja secara online, karena rumitnya sistem pembayaran untuk transaksi online. Banyak orang meragukan transaksi dengan pembayaran ke rekening langsung melalui transfer bank, karena takut tertipu.

Metode yang sering dilakukan, pakai kartu kredit. Sayangnya, banyaknya penipuan kartu kredit di Indonesia untuk transaksi online, menyebabkan pembayaran kartu kredit di Indonesia ditolak. Metode lainnya, dengan uang elektronik atau dompet elektronik. Tapi, tak semua orang familiar dengan metode ini, dan dirasa amat merepotkan.

3. Pasar di seluruh dunia, namun terbatas pada pengguna internet itu sendiri
Pengguna internet (khususnya di Indonesia) kebanyakan adalah anak muda. Orang tua usia di atas 45 tahun hanya sedikit yang menggunakan internet sebagai media transaksi (kecuali sebagian untuk transaksi perbankan). Sehingga, bila barang yang Anda pasarkan menargetkan kalangan atas dengan usia lebih “matang”, kemungkinan akan lebih memilih transaksi secara konvensional.

Walau bisnis online mempunyai keterbatasan (kerugian), namun jika anda cerdas dalam berfikir mungkin bisnis online yang memiliki kerugian akan berbalik 180% yaitu menjadi sebuah hal yang sepenuhnya menguntungkan. So, jangan ragu dan takut untuk melakukan bisnis secara online. 
@Blogercomp
Ingin mendapatkan informasi-informasi unik serta update artikel dari kami secara berkala? Follow twitter resmi blog ini di @kupastuntasCOM dan join bersama kami di facebook Kupas Tuntas Official Fanspage Terima Kasih.
Ditulis oleh: Muhammad Irfan - Senin, 01 Oktober 2012

Artikel Menarik Lainnya:

Posting Komentar