.
Diberdayakan oleh Blogger.

5 Cara Ampuh Untuk Dapat Tidur Nyenyak

Kupas Tuntas - Susah tidur? Jangan sepelekan masalah kualitas tidur. Karena kurang tidur dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti darah tinggi, stroke, dan diabetes. Selain itu, buruknya kualitas tidur juga bisa menimbulkan kerusakan kulit karena meningkatnya hormon kortisol yang memecah kolagen, meningkatkan risiko depresi serta dapat memicu obesitas. 

Lalu, bagaimana cara mendapatkan kualitas tidur yang baik? Berikut kupas-tuntas.com akan mengulas tentang 5 Cara Ampuh Untuk Memperoleh Tidur Nyenyak Yang Berkualitas yang dikutip dari laman blogbagi2

Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak - [www.kupas-tuntas.com]

1. Suasana yang Nyaman
Tidur adalah kegiatan penting dalam aktivitas manusia sehari-hari. Tidur membantu menjaga kesehatan tubuh serta pikiran. Karena itu tak ada salahnya sedikit berinvestasi untuk hal ini. Pilih bantal, kasur, dan peralatan tidur yang nyaman untuk Anda. 


Korden yang bisa mengurangi sengatan cahaya matahari juga bagus untuk dipasang di kamar tidur. Kenyamanan lingkungan tidur seseorang tentu berbeda satu sama lainnya. Demi pikiran yang segar dan tubuh yang sehat, usahakan untuk menciptakan suasana nyaman demi meningkatkan kualitas tidur. ualitas tidur.

2. Batasi Makan

Hindari merokok atau minuman yang mengandung kafein dan alkohol pada malam hari. Efek 'terjaga' yang dihasilkan kafein bisa berlangsung setidaknya maksimal sampai 12 jam. Makan besar pada malam hari selain menambah timbunan lemak di perut juga seringkali membuat sulit tidur karena tubuh masih aktif memproses makanan. 


Menjelang tidur, kurang asupan minum untuk menghindari terbangun karena buang air kecil. Maksimalkan minum air putih pada pagi hingga sore hari. Menjelang malam batasi konsumsi air agar tidak menganggu tidur di tengah malam.

3. Bersantai

Buatlah kebiasaan kecil yang membuat tubuh mengenali sudah saatnya tidur. Dua jam sebelum tidur, usahakan sedikit bersantai dan tidak terlalu sibuk. Tinggalkan pekerjaan, televisi, dan pekerjaan rumah tangga jika memungkinkan. Biarkan tubuh bersantai dan mulai mempersiapkan d
iri untuk beristirahat. Mandi air hangat, membaca buku, atau mengobrol santai dengan pasangan bisa dijadikan pilihan untuk menenangkan tubuh.

Batasi Teknologi

Ponsel, laptop, atau gadget lainnya sebaiknya disimpan menjelang tidur. Biarkan tubuh bersantai dan jauh dari pengaruh sinyal serta elektronik. Setelah seharian berkutat dengan gadget andalan, tak ada salahnya berpisah sementara menjelang tidur. Selain itu, memeriksa email pekerjaan menjelang tidur bisa membuat akan terpikir akan pekerjaan di esok hari. Terlalu banyak pikiran menjelang tidur bisa membuat Anda sulit untuk terlelap.


Survei terbaru yang diadakan oleh National Sleep Foundation, Amerika menyatakan banyak orang dewasa yang kini kurang tidur karena gadget. Tubuh yang terpapar sinar dari gadget bisa menekan produksi melatonin yang dibutuhkan tubuh. Hormon melatonin sangat penting untuk membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan mood, dan membuat tubuh lebih rileks.


Matikan Lampu

Kualitas tidur akan lebih baik dalam suasana ruangan yang gelap. Sebaiknya hindari jam dengan lampu yang terang atau benda yang memancarkan cahaya terang lainnya di kamar tidur. Tubuh terbiasa mengenali cahaya pada saat seseorang dalam keadaan aktif. Hadirnya cahaya di kamar bisa membuat tubuh tetap aktif sehingga tidur tidak terlalu nyenyak.


Editing by : www.kupas-tuntas.com
Ingin mendapatkan informasi-informasi unik serta update artikel dari kami secara berkala? Follow twitter resmi blog ini di @kupastuntasCOM dan join bersama kami di facebook Kupas Tuntas Official Fanspage Terima Kasih.
Ditulis oleh: Muhammad Irfan - Selasa, 02 Oktober 2012

Artikel Menarik Lainnya:

  1. Saya Lagi Nga Bisa Tidur Sambil Ngomen Komentar Inii Loh Bang..

    BalasHapus
  2. bener banget gan kalau lampu di matiin memang membuat tidur sangat nyaman ..

    BalasHapus