.
Diberdayakan oleh Blogger.

Yang Terjadi Pada Tubuh Bila Tak Sengaja Menelan Permen Karet

Kupas Tuntas - Permen karet diproduksi bukan untuk ditelan tapi terkadang bisa tidak sengaja tertelan (seringkali terjadi pada anak-anak). Lalu apa yang terjadi bila permen karet tak sengaja masuk ke dalam tubuh manusia? 

Meniup Permen Karet - [www.kupas-tuntas.com]

Permen karet sebenarnya terbuat dari karet dasar, pemanis, pewarna dan penambah rasa. Karet dasar yang mudah dicerna biasanya terbuat dari campuran elastomer, resin, lemak, emulsifier dan lilin. Perut memang tidak dapat memecah permen karet sebagaimana yang dilakukan terhadap makanan lain. 

Namun sistem pencernaan memiliki cara lain untuk menangani benda-benda yang Anda telan. Usus akan terus bergerak dan menggerakkan permen karet hingga membuatnya melewati usus dan keluar dari ujung sistem pencernaan, seperti dilansir Dailymail. Jadi, permen karet bisa berakhir di kamar mandi satu atau dua hari kemudian. 

Meskipun permen karet lengket, tapi biasanya tidak bisa mengalahkan kekuatan yang dimiliki usus. Air ludah akan berupaya mencerna permen karet segera setelah benda lengket itu dimasukkan ke dalam mulut. Meskipun yang dicerna kebanyakan adalah pemanis dan tambahan lainnya, tapi banyak juga bahan dasar permen karet yang ikut dicerna.

Kemudian permen karet akan turun ke otot perut, yang berkontraksi seperti gerakan cacing tanah, yang kemudian perlahan-lahan memaksanya melewati sistem pencernaan. Namun permen karet bisa berbahaya bila yang tertelan dalam jumlah banyak atau dalam ukuran yang besar dan dalam waktu yang singkat.

Tambahan: Kondisi ini bisa menyebabkan penyumbatan dalam sistem pencernaan, yang paling sering terjadi pada anak-anak karena saluran pencernaannya berdiameter kecil. Tapi kasus tersebut sangat jarang terjadi. Namun, Jika sudah terlanjut menelan permen karet, apa yang harus kita lakukan? Caranya dapat anda baca pada artikel yang satu ini.
Ingin mendapatkan informasi-informasi unik serta update artikel dari kami secara berkala? Follow twitter resmi blog ini di @kupastuntasCOM dan join bersama kami di facebook Kupas Tuntas Official Fanspage Terima Kasih.
Ditulis oleh: Muhammad Irfan - Selasa, 11 September 2012

Artikel Menarik Lainnya: