.
Diberdayakan oleh Blogger.

Bagaimana Kita Dapat Mendengar?

Kupas Tuntas - Mendengar adalah fungsi utama daripada telinga kita. Baik itu mendengar suara manusia, hewan atau hal-hal lainnya. Tapi bagaimana cara kita agar bisa mendengar? Mungkin penjelasan berikut ini akan sedikit menjawab pertanyaan anda.

Telinga Manusia - [www.kupas-tuntas.com] | image by : wikimedia.org

Pertama gelombang suara dikumpulkan oleh telinga luar dan disalurkan ke lubang telinga menuju gendang telinga. Gendang telinga bergetar untuk merespon gelombang suara yang menghantamnya. Getaran ini mengakibatkan tiga tulang (ossicle) di telinga tengah bergerak. Secara mekanis getaran dari gendang telinga ini akan disalurkan menuju cairan yang berada di rumah siput (koklea).

Getaran yang sampai di koklea ini akan menghasilkan gelombang, sehingga rambut sel yang ada di koklea akan bergerak. Maka gerakan ini akan mengubah energi mekanik tersebut ke pusat pendengaran di otak. Pusat ini akan menerjemahkan energi tersebut menjadi suara yang dapat di dengar oleh otak.
Ingin mendapatkan informasi-informasi unik serta update artikel dari kami secara berkala? Follow twitter resmi blog ini di @kupastuntasCOM dan join bersama kami di facebook Kupas Tuntas Official Fanspage Terima Kasih.
Ditulis oleh: Muhammad Irfan - Kamis, 13 September 2012

Artikel Menarik Lainnya:

  1. ouh begitu ya gan cara kita bisa mendengar , artikel yang sangat bermanfaat , terimakasih ..

    BalasHapus