.
Diberdayakan oleh Blogger.

9 Efek Buruk Minuman Bersoda Bagi Kesehatan Tubuh

Kupas Tuntas - Anda termasuk orang yang rutin mengkonsumsi minuman kaleng bersoda? Tampaknya Anda harus berhati-hati dengan minuman bersoda mulai dari sekarang. Karena ternyata efek buruk dari rutinnya meminum minuman mengandung soda akan langsung mengenai pada beberapa organ tubuh sehingga menyebabkan penurunan kualitas fungsinya (sakit).

Dari hasil sebuah Studi yang dilakukan oleh Dr. Hans-Peter Kubis menyatakan, tubuh akan mengalami gangguan metabolisme hanya dengan dua minggu rutin minum soda. Soda juga meningkatan risiko atas penyakit jantung, gagal liver, sampai hipertensi. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai berbagai Efek samping Minuman bersoda yang berakibat buruk bagi tubuh.

Efek Buruk Minuman Bersoda - [www.zootodays.blogspot.com]
 
1. Terkena asam urat di jari kaki

Studi dari University of British Columbia menyatakan, hanya perlu dua porsi atau lebih dari minuman soda per hari untuk menyebabkan asam urat di kaki. Penyebabnya adalah kandungan fruktosa yang dapat meningkatkan asam urat.Pria peminum soda lebih tinggi mengalami risiko ini hingga 85 persen dibanding wanita.


2. Kulit mudah berkeriput

Para ahli mengatakan penyebabnya adalah toksisitas fosfat. Rutin minum soda menyebabkan kandungannya meninggi dan memengaruhi fungsi elastisitas kulit.

3. Mengeroposkan tulang

Asam fosfat pada soda menyebabkan kandungan kalsium di tulang menurunkan. Bersiaplah terkena osteoporosis jika tetap rutin mengonsumsinya.

4. Masalah kardiovaskuler

Salah satu cara paling gampang mendapatkan serangan jantung adalah minum soda sehari sekali. Porsi tersebut sudah cukup untuk meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke sebesar 61 persen. Demikian menurut studi dari University of Miami.
5.Merapuhkan gigi
Soda dapat mengikis lapisan enamel gigi dengan kandungan asam sitrat yang dimilikinya. Zat ini cukup asam. Studi yang dimuat Journal British Dental mengungkapkan, empat porsi soda per hari meningkatkan pengikisan pada gigi hingga 252 persen. Ini bisa menyebabkan gigi sensitif dan sakit.

6. Memengaruhi perilaku menjadi buruk
Peminum soda punya kecenderungan memiliki tabita yang buruh. Studi di AS mengatakan, ada hubungan antara soda dengan perilaku kekerasan. Satu gelas soda per hari dapat memengaruhi fungsi otak Anda.


7. Masalah pada paru-paru

Studi dari University of Adelaide menyebutkan, peminum soda memiliki risiko terkena asma dan penyakit paru obstruktif kronis. Penyakit terakhir ini digadang sebagai penyakit paru-paru yang belum dapat disembuhkan.

8. Membunuh bayi
Soda dapat memengaruhi pembuluh darah tidak dapat berkembang dengan baik pada plasenta. Kondisi ini disebut dengan pre-eclampsia. Menurut catatan kelahiran di Inggris, pre-eclampsia telah membunuh kurang lebih 1.000 bayi prematur. Dan, kelainan ini terjadi pada 1 dari 20 kehamilan.

9. Memicu kanker pankreas

Minum dua porsi soda per hari meningkatkan risiko kanker pankreas hingga dua kali lipat. Ini adalah jenis kanker yang sulit diobati. Efek saat pankreas bermasalah adalah pankreas gagal memroduksi insulin yang bisa membakar kelebihan gula pada tubuh. Jika sudah begini, penyakit akan merembet ke diabetes tipe 2 dan kemungkinan komplikasi penyakit lainnya. Faktor tinggi gula diduga kuat menjadi penyebab masalah di pankreas.

Tambahan: Memang minuman bersoda tampak segar untuk diminum, namun ternyata dampak buruk yang bisa ditimbulkan  bagi tubuh sangat signifikan. Mulailah berfikir bahwa air putih lebih menyehatkan dan menyegarkan bagi tubuh ketimbang minuman bersoda.

Sumber : artikel-luarbiasa.blogspot.com
Ingin mendapatkan informasi-informasi unik serta update artikel dari kami secara berkala? Follow twitter resmi blog ini di @kupastuntasCOM dan join bersama kami di facebook Kupas Tuntas Official Fanspage Terima Kasih.
Ditulis oleh: Muhammad Irfan - Selasa, 14 Agustus 2012

Artikel Menarik Lainnya:

  1. hihh efek dari minuman bersoda sangat mengerikan sekali ya untuk tubuh kita ..

    BalasHapus