.
Diberdayakan oleh Blogger.

Inilah 4 Faktor Yang Membuat Anda Lemas Saat Berpuasa

Kupas Tuntas - Puasa tidak boleh jadi alasan orang untuk bermalas-malasan di bulan Ramadhan walau tak makan selama hampir seharian. Anda harus tetap beraktivitas dan melakukan kegiatan seperti biasanya. 

Namun ada beberapa hal yang memang bisa menyebabkan orang lemas saat berpuasa. Berikut beberapa faktor yang bisa membuat orang menjadi lemas pada saat berpuasa, seperti yang saya kutip dari laman detik.com

1. Kurang makan sayur dan protein
Kurang mengkonsumsi protein dan sayur saat sahur dapat menghambat proses metabolisme, yang pada akhirnya dapat menyebabkan lemas dan lemah. Untuk mencegahnya, tidak perlu mengonsumsi kapsul suplemen tertentu, cukup dengan menambahkan sumber protein, tapi hindari daging hewan di dalam menu sahur.

"Sumber protein yang baik adalah daging ikan, kalaupun unggas pilih bagian dada. Dengan protein yang cukup, maka metabolisme tubuh lancar buntutnya tidak cepat lelah atau lemah," saran Ketua Tim Dokter Kepresidenan, Dr Aris Wibudi.
 
2. Pola tidur tak teratur
"Dalam banyak kasus, orang mengantuk saat puasa bukan karena tidak makan tetapi karena kurang tidur saja. Sebenarnya asal cukup tidur dan polanya teratur, puasa tidak perlu jadi alasan untuk mengantuk," ungkap pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RPSGT, dalam artikel detikHealth.

3. Kebanyakan tidur saat puasa justru bikin lemas
"Pada puasa, tubuh dipersiapkan untuk beraktivitas dengan makan pada saat sahur dan buka puasa, jadi sebaiknya aktivitas tetap dilakukan," tutur Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB dari FKUI-RSCM.

Bila merasa ngantuk, tidur sah-sah saja dilakukan. Tapi yang menjadi masalah adalah tidur d ilakukan ketika tubuh merasa dalam kondisi 'on'. Pada saat tubuh dalam kondisi siaga lalu sengaja ditidurkan (tidur-tiduran), maka otot-otot tubuh akan melemas. Sehingga pada saat berusaha untuk melakukan sesuatu, tubuh tidak siap untuk melakukannya.

4. Banyak makan manis dan karbohidrat sederhana saat sahur
Makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar. Fungsi insulin adalah memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

Makanan yang manis hanya bertahan 2 jam setelah dimakan. Padahal orang harus menahan puasa selama 14 jam, jadi akan ada waktu 12 jam kondisi tubuh akan lemas.
Ingin mendapatkan informasi-informasi unik serta update artikel dari kami secara berkala? Follow twitter resmi blog ini di @kupastuntasCOM dan join bersama kami di facebook Kupas Tuntas Official Fanspage Terima Kasih.
Ditulis oleh: Muhammad Irfan - Kamis, 02 Agustus 2012

Artikel Menarik Lainnya:

  1. waaaah kalau makanannya kuang sehat pastinya gk bakalan semangat puasa

    BalasHapus