.
Diberdayakan oleh Blogger.

Inilah Beberapa Penyebab Susah Tidur (Insomnia)

Kupas Tuntas - Mendapatkan waktu tidur yang cukup tidak hanya membuat orang segar dan semangat di pagi hari, tapi juga membantu tubuh meregenerasi sel-sel serta meningkatkan sistem imun.

Meski begitu tak jarang beberapa orang kadang harus berjuang keras agar bisa tidur nyenyak di malam hari. Berikut ini beberapa kondisi yang bisa membuat orang sulit / susah untuk tidur, Seperti yang dikutip dari laman psychologytoday berikut
Susah Tidur |-| detik.com - [www.zootodays.blogspot.com]
1. Sakit
Beberapa penyakit fisik seperti artritis, sakit punggung, sakit kepala atau sakit gigi bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan menjadi alasan mengapa ia tidak bisa tidur. Jika sudah sangat mengganggu sebaiknya konsultasikan ke dokter agar diberikan resep untuk mengurangi rasa sakit.

2. Merokok
Memiliki kebiasaan merokok bisa membuat seseorang suit tidur ketika malam hari. Nikotin dalam rokok memiliki efek merangsang sistem saraf. Ironisnya, karena nikotin dalam aliran darah berkurang sepanjang malam maka terjadi gejala penarikan (withdrawal) yang membuat otak terbangun 15-20 kali lebih sering.

3. Efek kafein jangka panjang
Efek kafein yang dikonsumsi setiap orang berbeda, ada yang hanya jangka pendek tapi ada pula yang bisa bertahan lama. Rata-rata efek dari kafein ini sekitar 5 jam, namun kadang ada yang bisa sampai 7-10 jam. Kondisi ini membuat kafein tetap berada di dalam darah meski minuman tersebut dikonsumsi saat siang atau sore hari, sehingga membuatnya sulit tidur.

4. Mendengar suara jam berdetak
Suara detak jam yang berbunyi kadang bisa membuat sulit tidur karena berisik atau mengganggu, terlebih ketika seseorang terbangun dan mengetahui waktu yang tersisa untuk tidur tidak terlalu banyak maka ia akan semakin sulit untuk tidur sehingga hanya mendapat waktu tidur sedikit.
5. Kondisi lingkungan
Penyebab orang tidak bisa tidur tak hanya datang dari dirinya sendiri tapi juga bisa dari lingkungan seperti udara terlalu dingin atau panas, cahaya terlalu terang atau suara dari luar yang berisik.

6. Pikiran
Apa yang seseorang pikirkan bisa membuatnya stres, depresi atau kecemasan yang membuat ia tidak bisa tidur dengan baik dan nyenyak. Hal-hal yang bermain di dalam pikirannya ini akan mengambil waktu istirahat. Jika mengalami banyak pikiran, cobalah melakukan yoga, relaksasi atau aktivitas yang bisa menenangkan indera.
Ingin mendapatkan informasi-informasi unik serta update artikel dari kami secara berkala? Follow twitter resmi blog ini di @kupastuntasCOM dan join bersama kami di facebook Kupas Tuntas Official Fanspage Terima Kasih.
Ditulis oleh: Muhammad Irfan - Minggu, 22 Juli 2012

Artikel Menarik Lainnya:

  1. karena banyak pikiran juga dapat menyebabkan insomnia ya gan ..

    BalasHapus