.
Diberdayakan oleh Blogger.

6 Juni 2012 Akan Terjadi Transit Venus (Venomena Paling Langka)

Jin Botol -Transit Venus, apa itu? Transit Venus adalah peristiwa yang terjadi saat Planet Venus melintas di antara Bumi dan Matahari. Planet Venus akan tampak sebagai titik kecil yang bergerak di Matahari. Jangan sampai melewatkan Transit Venus, fenomena astronomi yang sangat langka dan hanya terjadi 115 tahun sekali. Bahkan mungkin sekali seumur hidup kita, pada hari Rabu tanggal 6 bulan Juni 2012 mendatang.

Fenomena ini bisa dilihat langsung dengan mata telanjang. Namun, tentu saja minimal menggunakan kaca mata khusus dengan lapisan film perisai cahaya. Penampakannya pun akan sangat kecil.

Akan lebih jelas jika dilihat dengan teleskop. Kalaupun tak punya teleskop atau tak sempat menyiapkan alat bantu agar aman melihat Transit Venus, Planetarium di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, mungkin bisa menjadi pilihan.
"Tanggal 6 Juni nanti, HAAJ telah menyiapkan teleskop berbagai ukuran dan filter matahari untuk melihat bersama-sama," kata Muhammad Rayhan, Ketua Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ), dalam talkshow "Transit of Venus at laman Kompas.com (Trovak)" yang digelar di @america Jakarta kemarin.

Ia menjelaskan, Transit Venus akan berlangsung pada Rabu (6/6/2012) mulai pukul 05.10 WIB. Namun, karena saat proses awal Matahari belum tenggelam, fenomena ini belum dapat disaksikan. Begitu Matahari terbit, Transit Venus sudah bisa langsung disaksikan sampai selesai hingga sekitar pukul 11.00 WIB.

Pemantauan Transit Venus kali ini bakal dilakukan komunitas astronomi di seluruh dunia. Transit Venus berikutnya baru akan terjadi lagi pada tahun 2117 nanti.

Ingin mendapatkan informasi-informasi unik serta update artikel dari kami secara berkala? Follow twitter resmi blog ini di @kupastuntasCOM dan join bersama kami di facebook Kupas Tuntas Official Fanspage Terima Kasih.
Ditulis oleh: Muhammad Irfan - Jumat, 01 Juni 2012

Artikel Menarik Lainnya:

Posting Komentar